Selasa, 11 Juni 2013

TRAVELING #19

TRAVELING ARTICLES

Mendanai Traveling Jangka Panjang #19


Yup, artikel yang ke-19 akan membahas mengenai bagaimana cara mendanai traveling jangka panjang. "Traveling Jangka Panjang" ?? yupp, setelah 18 belas artikel mengenai lokasi dan objek wisata pasti kita membutuhkan persiapan yang luar biasa apa bila kita benar-benar ingin mendatangi semua lokasi dan objek wisata tersebut. "Lahh, emangnya gue orang kaya??" pertanyaan ini sering kali muncul, terlebih kepada diri saya sendiri. hehehehe..... 

Karena traveling pulang-pergi itu akan memakan biaya yang cukup banyak, terlebih apabila anda memiliki pertanyaan seperti "Lahh, emangnya gue orang kaya??" ini. Maka traveling jangka panjang adalah solusinya, hidup secara nomadik dari satu tempat ke tempat lain. Maka kemudian akan muncul pertanyaan "Bagaimana cara mendanai traveling jangka panjang??". Traveling jangka panjang tentunya membutuhkan persiapan yang lebih matang dibandingkan dengan sebuah liburan singkat. 

Kuncinya ada  3:
  • Persiapan dan pengorbanan sebelum berangkat
  • Pandai menekan biaya selama berada di jalan
  • Bekerja di jalan
Berikut ini saya mau berbagi informasi yang saya temukan mengenai tips untuk mendanai traveling jangka panjang

Persiapan dan pengorbanan sebelum berangkat:

1. Hidup hemat, giat bekerja, dan rajin menabung
Hehe, seperti pelajaran anak SD saja, tapi benar lho.
Pandai menekan biaya di jalan:

2. Low budget traveling
  • Pilih akomodasi murah seperti hostel dan losmen, daripada hotel yang mahal.
  • Beli makanan dari supermarket atau street food, daripada restoran yang mahal.
  • Untuk transportasi dalam kota: jalan kaki, naik bis atau subway kalau perlu, daripada naik taxi yang mahal.
  • Rancang rute tempat-tempat yang mau dikunjungi sendiri, daripada ikut tur yang mahal.
  • Untuk transportasi antar kota/negara, selalu bandingkan harga bis, kereta api, dan pesawat. Perhatikan rute alternatif.
  • Kalau harga cuci baju mahal, cucilah baju sendiri di wastafel


3. Pandai memanfaatkan harga promosi
Jika jeli, kadang-kadang kemewahan bisa didapat dengan harga budget, jadi pandai-pandailah mencari harga promo, misalnya lewat internet. Ini beberapa contoh:
  • Harga naik kapal pesiar dari Amerika ke Eropa pada bulan Maret-Mei bisa lebih murah daripada harga penerbangan yang termurah. Dengan berkapal pesiar, anda mendapatkan 14 hari di kapal yang mewah dengan makanan enak, pertunjukan tiap malam, dan perhentian-perhentian di berbagai lokasi eksotik seperti pulau-pulau di Laut Karibia, Samudra Atlantik, dan Laut Mediterania. Jadi, kalau mau berpindah dari Amerika ke Eropa, kenapa harus terbang? Kenapa tidak ambil krus saja sekaligus melihat tempat-tempat eksotik tersebut?
4. Rute merambat, tidak bolak-balik pulang kampung
Pulang kampung itu mahal, apalagi kalau kalian berada di balik bumi. Kalau ingin mengunjungi beberapa negara, sebaiknya dilakukan secara beruntutan, karena biasanya tersedia transportasi yang murah antara negara yang berdekatan. Misalnya:
  • Kalau ingin ke Spanyol, Portugis, Prancis, Belanda, dan Jerman, jangan bolak-balik tempat-tempat tersebut ke Indonesia. Lebih murah merambat dari satu negara ke yang lain. Dan mungkin kamu akan sempat mengunjungi negara-negara lain yang berdekatan juga.
5. Pandai mencari rute termurah dan fleksibel dalam menentukan negara tujuan
Kami tidak terpaku pada negara tujuan atau rute tertentu. Kami menentukan negara tujuan berikutnya dan rutenya berdasarkan harga. Misalnya:
  • Ketika berada di Copenhagen dan siap meninggalkan Denmark, ternyata harga transportasi termurah bukannya yang ke negara tetangga seperti Jerman, namun ke Pulau Kreta (Yunani) di Laut Mediterania, yaitu sekitar 30-40 Euro. 
  • Ketika terbang dari Sydney ke Los Angeles, pesawat kami transit di Fiji. Ternyata mau transit 4 jam atau 4 hari, harganya sama. Ya kenapa tidak ambil sekalian liburan singkat di Fiji.
6. Suvenir? Pikir dua kali!
Suvenir mahal dan menghabiskan banyak tempat di ransel. Tidak usah ngotot membeli suvenir dari setiap kota atau bahkan negara yang akan dilewati. Jaman digital begini, ambillah foto banyak-banyak. Jadikan itu suvenir yang pribadi dan berkesan.

7. Bawa laptop atau telepon genggam yang dapat digunakan untuk WiFi internet
WiFi gratis banyak tersedia di berbagai tempat umum seperti restoran, penginapan, mall, dsb. Dengan ini, anda dapat melakukan berbagai hal dengan gratis:
  • Telepon, melalu Skype. Oh ya, sebelum anda berangkat, jangan lupa install Skype di komputer-komputer orang terkasih anda seperti orang tua, saudara, pacar, dan para sobat, supaya kalian bisa menelepon mereka dengan Skype.
  • Stay in touch dengan para teman lewat messenger, texting, chatting, FB, twitter, dsb.
  • Browsing internet. Bagi yang tidak membawa buku panduan travel macam Lonely Planet yang berat dan mahal, kami memanfaatkan internet untuk browsing perihal lokasi setempat.
  • Cari harga promo dan booking ini itu.
  • Upload foto di internet.
8. Kerja sambil traveling
Ini adalah salah satu kunci pendanaan traveling jangka panjang! Bekerja selagi berada di jalan, kerja yang bisa dilakukan lewat laptop dan internet.



Sumber : http://www.duaransel.com/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar