Jumat, 17 Mei 2013

TRAVELING #11

TRAVELING ARTICLES

CHINA #11

Akhirnya, China juga menjadi salah satu Traveling List saya, meskipun tadinya saya gak terlalu niat banget jalan-jalan ke negeri China. Tapi ternyata negeri Tirai Bambu ini punya sejuta keunikan dan keajaiban yang sayang banget kalau tidak dikunjungi. Dan ini beberapa daftar objek wisata yang ingin saya kunjungi.

1. Tembok Raksasa Cina


  
Tembok ini merupakan bangunan terpanjang yang pernah dibuat manusia, terletak di Republik Rakyat Cina. Tembok Raksasa Cina dianggap sebagai salah satu dari Tujuh Keajaiban Dunia. Pada tahun 1987, bangunan ini dimasukkan dalam daftar Situs Warisan Dunia UNESCO.


2. Gua Mogao


Dijuluki sebagai Gua Seribu Buddha dan Gua Dunhuang) membentuk suatu sistem 492 kuil yang terletak 25 km (15,5 mil) arah tenggara dari pusat kota Dunhuang.


3. Istana Potala


Tempat ini diberi nama dari tempat yang ia berada, Gunung Potala, tempat kediaman Chenresig atau Avalokitesvara. Istana Potala adalah tempat kediaman utama dari Dalai Lama hingga masa Dalai Lama ke 14mengungsi ke Dharamsala di India, setelah serangan dan kekalahan bertahan pada tahun 1959. Sekarang ini, Istana Potala diubah fungsinya oleh negara Cina menjadi sebuah museum.


4. Taman Nasional Jiuzhaigou


Dengan luas 72.000 hektar Taman Nasional ini  adalah tempat tinggal sekitar 140spesies burung, tanaman langka dan binatang langka seperti Panda. Untuk suku Tibet, Jiuzhaigou adalah tempat suci dan sumber air sehari-hari. Jiuzhaigou memiliki legenda bahwa disana terdapat seorang dewa gunung bernama Dago yang menyukai Dewi Semo. Dago memberikan kaca yang terbuat dari angin dan awan kepada Semo. Tapi semuanya berantakan waktu roh jahat muncul. Semo memecah kaca itu menjadi 108 bagian yang jatuh ke bumi dan menjadi 108 danau yang berwarna-warni. Danau ini disebut Haizi oleh orang setempat.


5. Budha Raksasa Leshan

Dipahat di pinggir sebuah bukit pada abad ke 8 masehi di pertemuan tiga sungai. Ketiga sungai itu adalah Sungai Min, Qingyi dan Dadu. Mempunyai tinggi 71 meter dan merupakan patung Buddha terbesar di dunia. Selain itu detail dari patung ini dapat tercermin dari 1.021 sanggul yang bergelung di rambut Sang Buddha. Pembuangan air pun tersebar di bagian tangan, kepala, belakang telinga dan pakaian, membuat patung Leshan tetap kering sehingga tidak mudah rusak.


6. Gua Longmen

Kawasan Gua ini memiliki jalan yang diisi pemandangan di pinggirannya sepanjang 1.000 m, 1.300 gua, 100.000 patung dan 2.800 tugu peringatan. Isi di dalam gua ini banyak menyangkut soal seni, musik, kaligrafi, ilmu pengobatan,kostum dinasti terkait, arsitektur dan agama Buddha.


7. Gua Yungan

Gua ini merupakan satu dari tiga gua terpenting di Cina selain Gua Longmen dan Gua Mogao. Gua Yungang memiliki 252 gua dan 51.000 patung berciri khas agama Buddha pada abad 5 dan 6 M. ]Lima Gua, bagian dari komplek Gua Yungang dibuat oleh Biksu Tan Yao dengan arsitektur yang menjadi karya klasik Buddhisme Cina yang di adaptasi dari Buddha Gandhara dari India.


8. Pahatan Batu Dazu

Dinding bukit Dazu diisi pahatan mulai dari abad 9 sampai 13. Dibuat pertama kali pada zaman Dinasti Tang pada tahun 650 M. Terdapat lebih dari 5.000 patung dan 100.000 pahatan huruf. Selain pahatan tentang kehidupan sehari-hari, banyak terdapat pahatan perpaduan dari pengaruh agama Buddha. 


9. Kota Tua Lijiang

Kota Tua Lijiang adalah Situs Warisan Dunia UNESCO yang terletak di pusat kota Lijiang, Cina. Kota Tua Lijiang adalah komplek kota tua yang memiliki unsur etnis minortitas Naxi di Cina. Memiliki ketinggian 2.400 meter di atas permukaan laut dan dikelilingi pegunungan di barat dan utaranya dan total area seluas 8 km².

Tidak ada komentar:

Posting Komentar